Rabu, 07 November 2012

Menyikapi Bahasa Remaja Indonesia Masa Kini

Selamat sore sahabat Remaja Indonesia. Masih ingat dengan kalimat ini “TRUSS GwuEH H4rUuzZbIl4nK WoWwW getoChh ????”,”Trus gUe harUs Naik Kapal Shukoii Biar Modar gituU??,”Truss Gue Harus Makan Bala-Bala HaneUt Gitu??,”Truuss Truss Truss truuss saja bahasa Indonesia Makin Rusak akibat Pergaulan Remaja Indonesia yang “Aneh” ini mudah-mudahan orangnya gak anek yah? Hihi. Yah, memang betul kalimat ini bisa dikategorikan kedalam Bentuk Bahasa yang Baru, kalau Anak Remaja Zaman sekarang biasa menyebutnya “BAHASA ALAY” dan orang yang menggunakan Bahasa ini disebut Alayers dan yang lebih menarik lagi Bahasa ini hanya ada di Indonesia, sobat. Wah Bahasa ini memang sudah sangat membooming dikalangan Remaja Indonesia bahkan bukan hanya Anak Remaja saja yang menggunakan Bahasa Alay ini tapi orang Dewasa pun juga masih banyak yang menggunakan Bahasa ini. Sebelum kita membahas lebih lanjut mengenai bahasa-bahasa Alay ini, sobat juga pasti ingin tau kan Asal usul Bahasa Alay ini ? pastinya, oke Saya akan membahas mengenai hal ini. Berawal dari teman-teman  yang ada di sekeliling kita, biasanya kalau kita sedang mengobrol dengan teman-teman kita rasanya sudah tidak asing lagi untuk melontarkan kata-kata yang Aneh. Nah, salah satu contohnya ketika Si A akan meledek Si B tiba-tiba tersirat dalam pikiran Si A untuk mengucapkan kata-kata yang Aneh dan yang lebih hebatnya lagi kata-kata “Aneh” ini memiliki jurus-jurus tertentu. Seperti : “KAMSEUPAY” (yang artinya KAMPUNGAN SEKALI UDIK PAYAH), “CENGIL USEU” (yang artinya CEWE TENGIL UDIK SEKALI) dan yang baru-baru ini muncul “CIYYUSS” (yang artinya SERIUS),”ENELLAN ?” (yang artinya BENERAN), “MIAAPPAH ?” (yang artinya DEMI APA), “AYOO KITA CUSS !” (yang artinya AYO KITA PERGI), dan masih banyak lagi jurus-jurus yang lainnya. Yang kedua, Para Alayers ini seolah-olah merasa bangga apabila mereka menggunakan kata-kata seperti di atas itu konon katanya mereka disebut Anak Gaul (anak yang mengikuti perubahan zaman). Menyikapi hal ini harusnya kita sebagai Remaja Indonesia jangan mengikuti zaman tapi kita yang harus menjadi Pelopor perubahan zaman tapi dalam konteks yang positif ya sobat !

Sebenarnya kita tidak salah menggunakan bahasa alay ini, namun hanya kurang tepat saja kalau kita tidak tepat sasaran. Contoh : “BU GURU CIYYUSS NIH ULANGAN PKN NYA? ”weh weh weeeh bisa-bisa Nilai Bahasa Indonesia dalam Raportmu Do Re Mi Fa Sol La heheheee
    Tapi jangan hawatir, sobat. Kita masih punya waktu untuk Insyaf kembali ke jalan yang benar hehe dan tidak terjerumus ke jalan yang sesat lagi hehehe, maka dari itu gunakanlah Bahasa Indonesia yang baik dan benar agar kita tidak disebut “ANEH” seperti yang disebutkan di atas. Bagaimana Generasi Muda kita selanjutnya kalau Bahasa yang kita gunakan sehari-hari tidak pantas diucapkan ? bagaimana Karakter Remaja Indonesia Masa Depan kalau Bahasa yang digunakannya saja tidak Berkarakter ? Mari kita Renungkan !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar