Selasa, 04 Februari 2014

*** Gaya Hidup Bersih Ala Sobeks?


Saatnya Hidup Bersih

HALO Sobeks! Weekend kemarin kalian pergi ke mana nih? Jalan-jalan atau diam saja di rumah? Wah pasti seru tuh! Tapi awas Sob, karena kalian terburu-buru ingin bersenang-senang akhirnya kamar kalian lupa dibersihkan, hihihi. Kalian ingin sehat kan? Utamakan dulu kebersihan lingkungan kalian.
Soalnya musim hujan masih melanda hampir seluruh daerah di Cianjur, Sob. Sebagian besar warga menghiraukan daya tahan tubuh yang kian menurun kala penghujan tiba, padahal berbagai penyakit siap menggempur. Hidup bersih dan sehat pun menjadi solusi utama. Yah, kalau kalian gak percaya simak saja nih komentar mereka tentang manfaat gaya hidup bersih, chek this out!
Kenalin nih Arif Abdurrohman, siswa XI IPA 1 MAN Cianjur ini mengungkapkan gaya hidup bersih itu ada dua aspek. “Hidup bersih itu sangat diperlukan karena mencakup dua aspek, pertama keadaan tubuh kita yang harus dijaga setiap harinya seperti tidak jajan sembarangan. Kedua aspek lingkungan, mulai dengan tidak membuang sampah sembarangan, menjaga kebersihan tempat tidur, sampai kamar mandi,” ungkapnya.
Cowok yang mengikuti Ekstrakulikuler Keagamaan (EKK) ini, menyebutkan manfaaat yang didapat dari hidup bersih. Katanya manfaat yang dirasakan beragam, apabila Sobeks selalu berperilaku hidup bersih, pastilah orang lain menilai positif diri Sobeks. “Contohnya jika baju kita kotor terkena lumpur lalu kita jalan di hadapan teman kita, pasti dia berfikir kalau dia dekat denganku maka aku akan kotor pula. Sebaliknya bila kita bersih orang pun akan segan,” sebutnya.
Kalau cewek yang satu ini namanya Dina Marchamah, siswi kelas XI TKJ 1 SMKN 1 Cianjur ini mengingatkan kalau kita sudah dianjurkan berperilaku hidup bersih. “Gaya hidup bersih adalah selalu memelihara kebersihan sekitar kita. Dalam agama kan sudah disebutkan bahwa kebersihan sebagian dari iman. Pastinya gaya hidup bersih sudah dianjurkan karena baik untuk kesehatan dan pikiran kita menjadi lebih positif,” tuturnya.
Dina yang lahir di Kebumen, 14 Agustus 1997 ini juga menyebutkan kalau selalu menerapkan perilaku hidup bersih akan memberikan dampak positif sebagai penghilang stres. “Kalau kita lagi stress atau bingung lebih baik masuk ke ruangan yang bersih saja. Hawa sejuk akan membuat pikiran terasa tenang. Coba kalau ruangan kita penuh debu pasti bersin-bersin dan stres kalian jadi bertambah. Ilfeel… deh hihihi,” katanya.

Komentar terakhir disampaikan Sagap Supendi, siswa kelas X Perawat B SMK Kesehatan Dharma Kusuma Cianjur. Saran Sagap, lebih baik Sobeks jaga kesehatan diri karena meskipun ribet tapi berdampak positif. “Sering lakukan olahraga, menjaga kebersihan tempat tidur, sampai hal kecil seperti membuang sampah pada tempatnya. Maka tidak terasa akan terbiasa dan kita pun bisa sehat karena berawal dari kebersihan,” tandasnya.(swulana/smkn1cianjur)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar