Kamis, 06 Februari 2014

*** Belanja Online Menurut Sobeks?

Praktis dan Gak Ribet

HALLO Sobat Ekspresi, buat kalian yang suka banget sama shoping dan enggak mau capek atau ribet pergi ke toko mungkin belanja online cocok banget buat jadi alternatif. Belanja online atau ritel online adalah suatu bentuk perdagangan yang memungkinkan konsumen untuk langsung membeli barang atau jasa dari seorang penjual melalui internet tanpa jasa perantara.
Oh iya Sob, belanja online itu tidak seperti beli di toko langsung, loh. Barang yang dibeli tidak bisa dilihat langsung maupun dicoba, tapi hanya bisa dilihat berupa spesifikasi produk terlulis saja. Maka dari itu, calon pembeli wajib hati-hati dalam memilih barang. Penjualan dan pembelian online kadang hanya dilandasi oleh kepercayaan, artinya pelaku jual beli kadang tidak jelas maka dari itu banyak yang lebih memilih Cash On Delivery (COD) atau pembayaran ditempat serah terima barang.
Berhati-hatilah pembayaran dengan cara transfer Sob, teliti dahulu reputasi penjual yang menawarkan barang seperti mengecek keberadaan penjual, mengecek keberadaan toko offline penjual, atau izin usaha penjual. Nah Sob, itu dia penjelasan tentang belanja online ada juga loh pendapat lain dari Sobeks di bawah ini…
Nurhaliki Alma, siswa kelas XI Perawat A SMK Kesehatan Bhakti Medika mengaku bahwa ia belum pernah belanja online, Sob.”Aku pribadi belum pernah belanja online tapi pengen nyoba, soalnya barang-barang yang dijual di online itu kayaknya terlihat lebih menarik,” tuturnya kepada tim Ekspresi Cianjur Ekspres, belum lama ini.
Novi Sri Handini, siswa kelas XI Administrasi Perkantoran 2 SMKN 1 Cianjur ini mengungkapkan kurang suka dengan belanja online loh, Sob. Hmm, apa alasannya yah? “Aku kurang suka belanja online, soalnya barang yang dibeli belum tentu baik kualitasnya, lumayan lama juga nunggu kiriman barang yang dibeli dan biasanya barang pesanan tersebut sedikit berbeda dengan yang diharapkan,” tuturnya.
Berbeda halnya dengan siswa kelas XI Perawat B SMK Kesehatan Dharmawangsa, Muthia Septyani Dinita berpendapat bahwa belanja online banyak manfaatnya. “Belanja online tuh banyak banget manfaatnya seperti meminimalisir pengeluaran, tidak repot, hemat waktu, dan pemesanan barang sangat mudah,” ucapnya.
Siswa kelas di SMA Islam Al-Maziyyah Cianjur, Rizky Muhamad Sanusi ini enggak suka banget sama yang namanya belanja online loh. Katanya dia sempat melakukan belanja online dan merasa sedikit kecewa. “Bukan masalah takut ditipu, tapi barang yang di poto sama barang yang datang itu suka beda. Terus biasanya agan agan yang menjual lewat online selalu mengingkari janji pada pelanggannya. Karena mereka biasanya berjanji apabila uang sudah ditransfer maka barang ditransfer. Tapi biasanya tidak sesuai kenyataan.

Rizky juga memaparkan pengalamannya sewaktu berbelanja online, Sob. “Mereka mengirim barang kurang lebih empat hari setelah uang diterima, sedangkan pengiriman lewar JNE atau TIKI itu lumayan memakan waktu lama karena yang berbelanja dan menjual via online tidak hanya satu, kecuali mereka (penjual atau pembeli) menggunakan paket kilat,” pungkasnya. (ulfa/sman1cilaku)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar