Selasa, 04 Februari 2014

***Cara Sobeks Memaknai Kemerdekaan RI?

***Cara Sobeks Memaknai Kemerdekaan RI?
Mengikuti Perlombaan Khas Perjuangan

DIRGAHAYU Indonesiaku… Setiap tanggal 17 Agustus kita merayakan HUT kemerdekaan RI, Sob. Nah tahun ini, kita merayakan hari kemerdekaan ini untuk yang ke 68 kalinya. Ternyata negara kita ini sudah 68 tahun menyatakan kemerdekaannya. Suatu usia yang lumayan tua untuk ukuran satu orang manusia, Sob.
Banyak cara yang dilakukan warga untuk menyambut peringatan HUT kemerdekaan RI ke 68, Sabtu kemarin (17/8). Salah satunya di Kabupaten Cianjur ini, berbagai perlombaan yang mengundang gelak tawa terdapat di setiap wilayahnya masing-masing. Ada lomba balap karung, makan kerupuk, panjat pinang, menghafal teks proklamasi, dan sebagainya.
Lantas, bagaimana sih cara Sobeks memperingati HUT kemerdekaan RI tahun ini? Kita lihat saja yuk tiga komentar yang sudah masuk ke meja redaksi Ekspresi Cianjur Ekspres. Check this out!
Yani Nuraeni, siswi kelas XII Administrasi Perkantoran 4 SMKN 1 Cianjur. Dirinya menuturkan bahwa dia memaknai peringatan HUT kemerdekaan RI dengan beberapa perlombaan yang diselenggarakan di daerahnya. “Banyak banget acara yang menggelikan sekaligus memeriahkan peringatan 17 Agustus ini. Semua orang terlihat sangat bergembira,” jelasnya.
Ia juga menambahkan makna dari semua perlombaan yang diikutinya. “Misalnya lomba balap karung dan tarik tambang, dari perlombaan tersebut mengandung arti yakni kita tidak boleh menyerah dan harus terus berjuang hingga mencapai tujuan. Sama seperti perjuangan para pahlawan terdahulu kita. Aku rasa seperti itu,” ujarnya.
Berbeda halnya dengan Wildan Firdaus, siswa kelas XII IPA 4 MAN Cianjur. Ia berpendapat bahwa Negara Indonesia ini belum merdeka. Tapi ia memiliki harapan agar bangsa Indonesia menjadi lebih baik. “Masalah kesejahteraan adalah salah satu faktor kenapa Indonesia belum merdeka. Tapi aku berharap agar Indonesia bisa menjadi lebih baik lagi,” jelasnya.
siswa kelas XII Mesin SMK Progresia Cianjur, Haerul Anwar mengaku kalau dirinya optimis bahwa Indonesia akan menjadi salah satu negara yang hebat. “Kita tidak boleh hilang harapan. Kita harus tetap menumbuhkan harapan dalam hati agar optimis itu tetap ada, yaitu optimis bahwa Indonesia akan menjadi lebih baik dan semakin baik,” paparnya.
Dirinya juga mengungkapkan beberapa perlombaan yang diadakan di daerah tempat tinggalnya tersebut, Sob. “Aku sangat bersemangat untuk memeriahkan peringatan 17 Agustus. Soalnya banyak perlombaan yang bisa aku ikuti. Seperti lomba balap karung, panjat pinang, tarik tambang, dan lain-lain,” pungkasnya.(ali/sman2cianjur)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar